Berita

Bimtek Penyusunan Perangkat Ajar ATP – MA Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang melalui Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas, Seksi Pendidikan Kesetaraan dan Masyarakat telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Perangkat Ajar ATP – MA ( Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar ) Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023, yang dilaksanakan selama 3 hari, Jumat, 9 Juni 2023 – Minggu, 11 Juni 2023 dan bertempat di Hotel Sentana Mulia Pemalang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus DPD FK PKBM Kabupaten Pemalang, Pengurus DPC FTPKN Kabupaten Pemalang, dan Tutor Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Pemalang. Bimtek Penyusunan Perangkat Ajar ATP – MA dibuka oleh Bapak Plh. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Bapak Dr., Drs. Supa’at, M.Pd., dan diisi oleh beberapa narasumber, yaitu Bapak Nuryani, S.H., M.M., selaku Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang, Bapak M. Yusri Sa’ad, S.S., M.M., selaku Pengembang Kurikulum dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran ( PUSKURJAR ) Kemdikbud Ristek, dan Bapak Drs. Fauzi Eko Pranyono, selaku Widyaprada Ahli Madya Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemdikbud Ristek.

Perangkat Ajar pada platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan tutor untuk mencari referensi atau inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan muridnya. Perangkat ajar bisa berupa bahan ajar dan modul ajar / Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ). Alur Pembelajaran disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi tutor dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Pada saat tutor menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, disini tutor berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Namun, tutor tetap perlu memperhatikan beberapa set alur yang telah digunakan Pemerintah sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan oleh satuan pendidikan dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Semoga dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Perangkat Ajar ATP – MA Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023, dapat meningkatkan mutu Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Pemalang, dan Tutor Pendidikan Kesetaraan dapat membantu untuk melancarkan pembelajaran dalam hal mengajar di satuan pendidikan, khususnya pendidikan non formal / kesetaraan yang ada di Kabupaten Pemalang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *