PPDB Online

Peraturan Bupati tentang pedoman penerimaan peserta didik baru dan peserta didik pindahan di kabupaten pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Dalam peraturan Bupati ini yang dimaksud dengan:

  1. Daerah adalah Kabupaten Pemalang.
  2. Pemerintah Daerah adalah Bupati sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom.
  3. Bupati adalah Bupati Pemalang.
  4. Sekretaris daerah adalah sekretaris daerah kabupaten pemalang.
  5. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang selanjutnya disebut Dindikbud adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang.
  6. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang selanjutnya disebut Kepala Dindikbud adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang.
  7. Komite Sekolah adalah lembaga mandiri beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah serta tokoh yang peduli pendidikan.
  8. Kepala Sekolah adalah guru yang diangkat untuk memimpin satuan pendidikan anak usia dini pendidikan dasar atau pendidikan menengah jalur formal.
  9. Taman Kanak-kanak yang selanjutnya disingkat TK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun.
  10. Raudhatul Athfal yang selanjutnya disingkat RA atau Bustanul Athfal, yang selanjutnya disingkat BA adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Islam bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun.
  11. Sekolah Dasar yang selanjutnya disingkat SD adalah salah Formal yang satu bentuk satuan Pendidikan menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.
  12. Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disingkat MI adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar.
  13. Sekolah Menengah Pertama yang selanjutnya disingkat SMP adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari SD atau yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara antara lain Paket A.
  14. Satuan Pendidikan adalah TK, SD, dan SMP yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.
  15. Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jenjang TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTs.
  16. Calon Peserta Didik Baru adalah anggota masyarakat yang mendaftarkan diri dan/atau didaftarkan untuk menjadi peserta didik baru pada satuan pendidikan.
  17. Peserta Didik Baru adalah Peserta Didik yang telah dinyatakan diterima pada Satuan Pendidikan.
  18. Peserta Didik Pindahan adalah peserta didik yang berasal dari Satuan Pendidikan yang pindah pada Satuan Pendidikan lain.
  19. Penerimaan Peserta Didik Baru yang selanjutnya disingkat PPDP adalah proses penerimaan Calon Peserta Didik menjadi peserta didik pada Satuan Pendidikan.
  20. Penerimaan Peserta Didik Pindahan adalah proses penerimaan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan ke Satuan Pendidikan lain.