Berita

Kepala Dindikbud Kabupaten Pemalang menghadiri Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualistas Di Satuan Paud

Rabu, 6 Oktober 2021 bertempat di the Winner Premier Hotel Pemalang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pemalang menghadiri Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualistas Di Satuan Paud Bagi Pusat Kegiatan Gugus Kabupaten Pemalang Tahun 2021. Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas saat ini menjadi fokus guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa. Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa Indonesia agar di masa depan generasi penerus dapat bersaing dengan negara lain. Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas.

Bpk. Mualip, S.Pd, MM selaku Ka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pemalang menyampaikan: Upaya mewujudkan lingkungan belajar yang berkualitas diantaranya kualitas lingkungan dan alat pembelajaran; interaksi guru dan anak; pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, kualitas guru maupun tenaga kependidikan, tetapi saat ini belum semua satuan PAUD memiliki lingkungan belajar yang berkualitas. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran anak serta masih terdapat banyak praktek pembelajaran yang belum sesuai dengan tahap perkembangan dapat menjadi hambatan terwujudnya kualitas lingkungan belajar yang baik. Hal tersebut memerlukan dukungan dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemahaman tentang konsep pentingnya lingkungan berkualitas dan mengintervensi organisasi mitra pendidik dan tenaga kependidikan PAUD agar memiliki pemahaman yang sama tentang konsep lingkungan berkualitas.

Pendidik dan tenaga kependidikan sebagai salah satu kunci kualitas pembelajaran perlu memiliki pemahaman yang benar tentang lingkungan belajar yang berkualitas di satuan PAUD. Intervensi kepada pendidik dan tenaga kependidikan dapat dilaksakan melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD. yang secara strategis dapat menjangkau hingga ke tingkat satuan sebagai bentuk perwujudan pendampingan berjenjang berbasis ekosistem (Dari pusat, daerah, kecamatan hinggake satuan).

Semoga upaya untuk mencapai Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Bisa Terwujud

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *