Berita

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang Adakan Workshop Penyusunan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pendidikan Kesetaraan Kabupaten Pemalang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang melalui Seksi Pendidikan Kesetaraan dan Masyarakat Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pendidikan Kesetaraan Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022, yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Jum’at, 4 November 2022 sampai dengan hari Minggu, 6 November 2022 dan bertempat di Hotel The Winner Premiere Pemalang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas, Ibu Rr. Ida Komaria Setianingsih, S.IP., M.M. Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari unsur satuan pendidikan kesetaraan yaitu Kepala SPNF SKB Pemalang dan Ketua PKBM se-Kabupaten Pemalang yang hadir beserta operator dan tutor lembaga. Workshop Penyusunan IKM Pendidikan Kesetaraan Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022 dipimpin oleh 2 orang narasumber yaitu Bapak Drs. Fauzi Eko Pranyono, M.Pd. selaku Koordinator Fungsi Kesetaraan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dasmen, Kemdikbudristek dan Bapak Eko Ady Saputra, S.Pd selaku Pamong Belajar SPNF SKB Kulon Progo.

Istilah Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru juga memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka belum dilaksanakan secara serentak dan masif. Hal ini sesuai dengan kebijakan Kemendikbudristek yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam melakukan implementasi pilihan IKM yang ditawarkan disesuaikan dengan kesiapan guru/tutor dan tenaga kependidikan sehingga Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dapat saling memberikan praktik baik dalam pembelajaran sehingga dapat terbentuk jejaring dukungan antar guru dan tenaga lependidikan untuk berbagi konten pembelajaran.

Semoga dengan adanya Workshop Penyusunan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pendidikan Kesetaraan Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2022 dapat memberi pemahaman lebih dalam kepada peserta, sehingga untuk kedepannya Implementasi Kurikulum Merderka ( IKM ) Pendidikan Kesetaraan dapat berjalan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *