Berita

Dindikbud Kabupaten Pemalang Mengadakan Rakor Pendataan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Pemalang Tahun 2023

Melalui Seksi Pendidikan Kesetaraan dan Masyarakat Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang telah melaksanakan Rapat Koordinasi Pendataan Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Pemalang Tahun 2023 pada tanggal 1 Februari 2023 yang bertempat di Hotel The Winner Premiere Pemalang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari Bappeda Kab. Pemalang, Kantor Kemenag Kab. Pemalang, Kantor Cabdin XII Provinsi Jawa Tengah, unsur OPD di Lingkungan Setda Kabupaten Pemalang yang terkait ( Dindikbud, Dinsos KBPP, Dispermasdes, Disnaker, dan Diskominfo ), Dewan Pendidikan Kab. Pemalang, Camat se- Kabupaten Pemalang, KWK se- Kabupaten Pemalang, Penilik se- Kabupaten Pemalang, Kepala SPNF SKB Pemalang dan Ketua PKBM se- Kabupaten Pemalang.

Pendataan ATS di Kabupaten Pemalang sudah dilaksanakan mulai dari Tahun 2021. Pada Tahun 2021, ada 5 desa di Kabupaten Pemalang yang menjadi salah satu desa piloting penanganan ATS yang mendapat pendampingan dalam penanganan ATS dari UNICEF. Setelah dilakukan pendataan, ada sekitar 278 ATS yang terdapat di desa tersebut dan sudah ada 26 anak yang siap berkembali sekolah dan melanjutkan pendidikan di PKBM. Kemudian, di Tahun 2022 pendataan ATS dilanjutkan ke 25 desa yang merupakan sasaran desa miskin ekstrim dari 5 kecamatan yang ada di Pemalang. Dari 2.250 ATS yang ada di 25 desa tersebut, terdapat 185 anak yang siap melanjutkan pendidikan.

Pendaataan ATS tidak berhenti sampai dengan tahun 2022. Diharapkan pendataan tersebut dapat menjangkau di seluruh desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Pemalang. Sampai dengan tahun 2022, sudah ada 30 desa dari 223 desa/kelurahan di Kabupaten Pemalang yang sudah melakukan pendataan ATS. Di tahun 2023, rencana pendataan ATS akan dilanjutkan ke 102 desa yang ada di 5 kecamatan dan 11 sasaran desa miskin ekstrim yang belum melaksanakan pendataan ATS.

Kami berharap, semoga dalam jalannya pelaksanaan Pendataan ATS di Kabupaten Pemalang pada Tahun 2023 seluruh OPD terkait dapat berkoordinasi dan bersinergi dalam menyukseskan program Gerakan Njuh Sekolah Maning di Tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *