Berita

Dindikbud Kabupaten Pemalang Mengadakan Bimtek ARKAS dan MARKAS BOSP Kesetaraan Tahun 2023

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang melalui Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Seksi Pendidikan Kesetaraan dan Masyarakat telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis ARKAS dan MARKAS BOSP Kesetaraan Tahun 2023. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Bapak Drs. Abdul Rachman, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SPNF SKB Pemalang beserta operator dan seluruh Ketua PKBM se- Kabupaten Pemalang yang hadir beserta operator lembaga.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (MARKAS) sangat erat kaitannya dengan sebuah sistem Perencanaan Berbasis Data (PBD). Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikan, dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Dalam pelaksanaan sistem Perencanaan Berbasis Data (PBD) terdapat 3 langkah sederhana yaitu Identifikasi, Refleksi, dan Benahi atau yang sering kita kenal dengan IRB.

Kami berharap, semoga dengan adanya bimtek ini dapat menambah wawasan kepada para peserta tentang proses Perencanaan Berbasis Data (PBD) sehingga pencapaian mutu pendidikan kesetaraan di Kabupaten Pemalang dapat berjalan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *