Berita

SD Negeri 02 Pekembaran Warungpring Melaksanakan ANBK di Rumah Gurunya

Asesmen Nasional yang disingkat AN merupakan program baru yang menjadi salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai bentuk penilaian atau pengukuran mutu pendidikan. Program ini sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang telah dilaksanakan sejak dikeluarkannya undang-undang No. 20 tahun 2003. Kebijakan Pergeseran dari UN ke Asesmen Nasional nampak secara bertahap. Mulai dengan perubahan fungsi UN. dari Penentu kelulusan, berubah menjadi pemetaan mutu pendidikan. Tahun ini, Asesmen Nasional resmi menjadi standar penilaian pendidikan nasional dengan Permendikbudristek No. 17 tahun 2021.

 

Asesmen Nasional bertujuan untuk mengukur:

  1. Hasil belajar kognitif mencakup literasi membaca dan numerasi, melalui asesmen kompetensi minimum;
  2. Hasil belajar nonkognitif, mencakup sikap yang melandasi karakter karakter dalam profil pelajar Pancasila. melalui survei karakter;
  3. Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan meliputi: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong dan berkebinekaan global, survei lingkungan belajar.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang menindaklanjuti kebijakan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Permendikbudristek No. 17 tahun 2021. Dinas melakukan program Asesmen Kompetensi Minimal (AKM). Program ini hanya untuk mengukur seberapa tinggi mutu satuan pendidikan, tidak menentukan kelulusan.

Pelaksanaan ANBK jenjang SD dari tgl 15 sampai dengan 25 Nopember 2021. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, ada sekolah yang mengambil kebijakan demi berjalannya ANBK 2021 dengan lancar salah satunya yaitu di SDN 02 Pekembaran Warungpring dengan keterbatasan sinyal internet yang susah pelaksanaan ANBK dilaksanakan di rumah gurunya yang letaknya sekitar 2 kilometer dari sekolah.

UNBK SDN 02 Pekembaran Warungpring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *