Rekomendasi pendirian lembaga informal (Lembaga Kursus)

Adapun langkah – langkah untuk mengajukan permohonan pendirian lembaga pendidikan informal sebagai berikut,

  1. Lembaga/Yayasan yang ingin mendirikan lembaga pendidikan informal membuat proposal perizinan pendirian lembaga pendidikan informal, kemudian diajukan ke DPMPTSP Kabupaten Pemalang.
  2. Setelah Proposal perizinan pendirian lembaga pendidikan sudah diterima di DPMPTSP Kabupaten Pemalang, DPMPTSP Kabupaten Pemalang menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang bagian PAUD Dikmas untuk melakukan Survey lokasi.
  3. Setelah melakukan survey lokasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, memberi kelayakan lembaga, kemudian memberikan rekomendasi untuk DPMPTSP Kabupaten Pemalang.
  4. Setelah DPMPTSP Kabupaten Pemalang mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang
  5. DPMPTSP Kabupaten Pemalang memberikan surat keputusan (SK) pendirian lembaga pendidikan.

Daftar dokumen yang dilampirkan dalam Proposal Ijin Operasional LKP :

  1. Surat Permohonan Izin dari Lembaga ditunjukan kepada Kepala DPMPTSP.
  2. Permohonan Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang

BAB I Pendahuluan :

  1. Latar Belakang Pendirian LKP
  2. Tujuan Pendirian LKP

BAB II Profil Lembaga/Identitas Lembaga :

  1. Visi dan Misi
  2. Struktur Organisasi
  3. Tata Tertib
  4. Kurikulum : Silabus dan Program Pembelajaran
  5. Pembagian Tugas Tenaga Pendidik / Instruktur dan Ketenagaan non Kependidikan
  6. Peserta didik
  7. Sarana dan Prasarana
  8. Pendanaan
  9. Denah lokasi / Peta Wilayah
  10. Foto Papan nama, Foto lokasi pembelajaran. Foto Kegiatan kursus, dan Pelatihan

BAB III Penutup :

Lampiran – lampiran :

  1. Pas Foto penyelenggara, pimpinan 3×4 ( 3 Lembar );
  2. Formulir Profil Lembaga Kursus kepelatihan;
  3. Fotocopy KTP Penyelenggara,Pimpinan;
  4. Surat Keterangan Domisili;
  5. Fotocopy Akta Pendirian / Notaris;
  6. Fotocopy SK Kemenkumham;
  7. Fotocopy Bukti kepemilikan / sewa prasarana (bangunan) yang digunakan;
  8. Fotocopy Rekening Bank atas nama lembaga;
  9. Fotocopy NPWP atas Nama Lembaga;
  10. Fotocopy SK Pengangkatan Pengelola (Bila berbadan hukum);
  11. Biodata / Daftar riwayat hidup pemilik / penyelenggara;
  12. Fotocopy ijazah terakhir pemilik, Fotocopy Sertifikat Keahlian;
  13. Biodata / daftar riwayat hidup instruktur / tenaga pengajar;
  14. Fotocopy ijazah terakhir pimpinan, Fotocopy Sertifikat keahlian;
  15. Biodata / Daftar Riwayat hidup instruktur / Tenaga pengajar;
  16. Fotocopy Ijazah Terakhir Instruktur, Fotocopy Sertifikat Keahlian;
  17. Keterangan Pengabdian Masyarakat;

Dengan Jangka Waktu Pengurusan kurang lebih selama 2 sampai 4 minggu, dan tidak dipungut biaya.