Makna Hari Kartini

Hari Kartini, kembali tahun ini kita memperingati lahirnya Kartini yang kebanyakan dan sering kita sebut sebagai Hari Kartini.

Perjuangan RA. Kartini pada masa itu karena merasa tidak terima karena kaum wanita tidak dianggap tidak sama dengan kaum pria. Wanita dibatasi hal-hal yang bersifat kodrati seperti melahirkan anak, melayani suami dan mengurus rumah tangga. Ketimpangan itu yang memicu semangatnya untuk memperoleh pendidikan yang sama bagi kaum wanita seperti membaca, menulis, kebebasan berpendapat dan lainnya. Perjuangan itu tidak sia-sia, kaum wanita sekarang bisa sejajar denga kaum pria dalam segala hal yang sering kita sebut dengan enamsipasi wanita.

Sayangnya bayak kaum wanita sekarang menyalahgunakan arti sebenarnya kata enamsipasi wanita. Enamsipasi wanita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah persamaan hak dalam berbagai aspek kehidaupan masyarakat bagi wanita dan pria. Dengan adanya emansipasi pekerjaan yang bisa dilakukan pria sekarang bisa dilakukan oleh kaum wanita begitu pula sebaliknya. namun enamsipasi itu tidak bisa merubah kodrat fitrah sebagai seorang wanita yang bisa mengandung, mengurus anak dan suami dan rumah tangga.

Memperingati Hari Kartini tahun semoga bisa semakin membuat kaum wanita semakin kokoh, kuat dan mandiri dalam mewujudkan kualitas keluarga maju dan berdikari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *